Tips dan Trik WhatApp







WhatsApp ternyata menyimpan banyak rahasia yang mungkin belum banyak diketahui. Semenjak update tentang centang biru (tanda pesan telah terbaca), sekarang. WhatsApp fitur-fitur baru yang sangat menarik untuk kita ketahui.

Seperti pada aplikasi chat lainya seperti BBM, Skyp, Messangger, Telegram, Hangout, aplikasi ini juga mempunya rahasia yang tersembunyi, mulai dari cara tulisan WhatsApp unik, mencari lokasi, verivikasi status. Kali ini saya akan memberikan sedikit tip trik rahasia WhatsApp yang belum banyak diketahui banyak orang.


1. Fitur Whatsapp Status Story

Whatsup melakukan gebrakan dengan menyediakan fitur status story. Apabila selama ini pemakai WA hanya dapat melakukan chatting, sekarang mereka bisa memasukan konten gambar atau video pada posting status di WA.

Tentunya fasilitas tentang update status gambar atau video di WA ini cukup membuat penasaran. Anda bisa menghidupkan fitur ini, caranya yaitu dengan melakukan update versi aplikasi Whatsapp ke versi yang terbaru.

Setelah itu, buka tab Status (yang ada di bagian atas), kemudian klik My Status apabila Anda mau buat perubahan pada status tersebut.

Cara lainnya, yaitu pertama-tama tekan ikon kamera (yang ada di bagian kiri), kemudian Anda ambil gambar atau video sebagai konten nantinya untuk update status anda.

Pada fitur status story ini memberikan “aksesoris” pelengkap berupa emoticon, tulisan dan drawing, hal ini berguna untuk memperindah konten status yang Anda buat.

Kemudian tekan tombol Send (kirim) untuk memposting status ke publik atau teman. Pada keterangan viewed, pengguna bisa melihat banyaknya jumlah pengguna WA lainnya yang melihat status Anda, demikian juga orang-orangnya bisa Anda ketahui.
Untuk mengatur privasi tentang siapa saja yang bisa mendapatkan postingan status Anda, maka Anda hanya perlu klik tab Status, lalu klik pada tampilan tiga titik (ada di kanan atas), lalu pilih Status Privacy.

Setelah itu Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat status Anda, atau yang dikecualikan dari bisa melihat status Anda.


2. Bisa Kirim Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

Pada versi terbaru WhatsApp, kamu sudah bisa lho mengirim hampir semua format file via WhatsApp. Itu artinya kamu dapat mengirim foto resolusi tinggi di WhatsApp tanpa mengurangi kualitas.

Caranya kamu harus mengirimkannya melalui lampiran dokumen, ini langkah-langkahnya.

  • Pertama update dulu ya aplikasi WhatsApp kamu melalui Google Play Store. Kalau sudah, buka WhatsApp dan klik logo lampiran
  • Pilih Document
  • Kemudian cari deh gambar yang ingin kamu share ke teman-teman kamu.


3. Cara Menggunakan Whatsapp Tanpa Nomor

Di sini saya telah menemukan metode bagaimana agar Anda dapat menggunakan Whatsapp tanpa nomor. Cukup ikuti langkah-langkah yang diberikan dan Anda akan dapat menggunakan Whatsapp tanpa nomor.

Ada banyak Tips Whatsapp diluar sana, tapi yang satu ini adalah Trik Whatsapp Terbaik. Anda dapat menikmati dan memukau teman-teman Anda dengan menggunakan Whatsapp tanpa nomor.
  • Pertama Anda harus menghapus Whatsapp Anda dan kemudian instal ulang.
  • Ketika Anda menginstal ulang Whatsapp akan meminta Anda untuk verifikasi ponsel.
  • Sekarang, pada langkah ini sangat penting “Blokir semua pesan keluar” dengan cara yang sederhana yaitu menempatkan ponsel Anda pada Flight Mode, itu akan memblokir semua pesan keluar.
  • Sebelum melakukan langkah di atas instal Aplikasi Android yang bernama “Spoof Text Message”. Jika Anda menggunakan Iphone maka anda dapat menginstal Fake A Message app.
  • Sekarang ketika Anda memasukkan nomor ponsel Anda untuk verifikasi, namun tidak akan dapat mengirim verifikasi ke server karena kita mengaktifkan Mode penerbangan atau Flight Mode itu akan menghentikan semua pesan keluar.
  • Sekarang Anda harus memilih metode alternatif untuk verifikasi yaitu pilih “Verifikasi Melalui SMS”. Masukan alamat email Anda di kotak kemudian klik tombol kirim dan langsung klik pada tombol membatalkan atau cancel,itu akan menghentikan proses otorisasi.
  • Sekarang buka Spoof Text Message dan isi rincian seperti di bawah ini.

To: +447900347295
From: +(Kode negara)(nomor ponsel)
Message: Alamat email Anda
  • Setelah beberapa detik Anda akan menerima kode verifikasi pada aplikasi Spoof Text Message Anda. Masukan kode ini untuk memverifikasi akun Anda dan Anda akan dengan mudah menggunakan Whatsapp tanpa nomor.
4. Menghentikan Auto Download Gambar dan Video Di WhatsApp

Ada banyak gambar dan video Saya kirim ke teman-teman dan keluarga. Dan mereka juga mengirim banyak gambar dan video kembali kepada Saya. Juga dalam Group, orang berbagi banyak gambar dan klip video dan kadang-kadang kita tidak tahu bagaimana menghentikan kegilaan ini. Jangan khawatir whatsapp juga memiliki fitur built-in di mana Anda dapat menghentikan Auto download Gambar dan Video.
  • Buka setelan WhatsApp Anda.
  • Klik pada Pengaturan Obrolan.
  • Kemudian klik pada Media Auto Download dan ubah pengaturan sesuai dengan pilihan Anda.

 





5. Menyembunyikan Terakhir Dilihat atau Centang Biru di Whatsapp

Setiap kali kita mengirim pesan ke teman-teman dan keluarga, dan ketika mereka membaca pesan kita, akan menunjukkan kepada kita centang biru yang berarti orang lain telah membaca pesan kita.

Jika centang berwarna abu-abu itu berarti orang lain menerima pesan kita, tetapi tidak melihat. Jadi jika Anda tidak ingin menunjukkan kehadiran Anda di Whatsapp dan ingin menyembunyikan opsi terakhir dilihat maka di sini Saya memiliki solusi. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Pergi ke settings >> Account >> Privacy Settings.
  • Pilih opsi “Last Seen“.
  • Klik pada “No Body” jadi ini adalah cara bagaimana Anda dapat menyembunyikan terakhir dilihat pada Whatsapp dan tidak ada yang bisa melihat kapan Anda menggunakan Whatsapp terakhir kali.
  • Buka Settings >> Account >> Privacy.
  • Hapus centang pada pilihan Read Receipts jadi ini akan menyembunyikan centang biru dan ketika Anda melihat pesan, pengguna tidak dapat melihat centang biru dari Anda


6. Cara mengetahui siapa saja yang telah membaca pesan pada group WhatsApp

Pada personal chat atau ‘person to person’ fitur ‘telah dibaca’ ini memang sangat mudah untuk dikenali karena kita bisa langsung melihatnya secara langsung pada halaman utama percakapan persis berada dibawa tulisan yang telah kita kirim dengan tanda dua buah checklis seperti pada gambar dibawah. Namun pada group di whatsApp tidak seperti tampilan pada personal chat, kita perlu melakukan beberapa langkah terlebih dahulu untuk mengetahui apakah pesan kita telah dibaca oleh seluruh anggota group atau hanya sebagian saja yang telah menerima pesan kita.
  • Buka Aplikasi WhatsApp
  • Masuk ke salah satu group yang diinginkan
  • Kirim pesan baru di group jika kita ingin melakukan percobaan yang benar – benar dari awal, namun bila tidak pun kita bisa menggunakan pesan yang telah dikirim oleh kita sebelumnya dalam group tersebut.
  • Tekan dan tahan pada pesan yang telah kita kirim tersebut sampai Menu pilihan (Pop up) muncul seperti dibawah ini kemudian pilih Info:
  • Setelah memilih Info jendela baru akan muncul yang memberikan detail informasi yang berkaitan dengan pesan tersebut seperti kepada siapa saja pesan telah terkirim (Delivered to), oleh siapa saja pesan telah dibaca (Read by), dan kepada siapa saja pesan belum terkirim seperti pada gambar dibawah ini






7. Mengedit Foto Layaknya Snapchat Sebelum Dikirim

Facebook mengembangkan fitur Messenger Day yang layaknya seperti Snapchat untuk pengguna WhatsApp. Fitur Messenger Day memberikan tool untuk drawing dan menambahkan stiker pada kamera, mirip seperti yang ada pada Snapchat.

Dengan begitu, setelah Anda mengambil foto atau video, maka Anda bisa dapat menambahkan emoji, menambahkan teks, dan mencoret-coretnya dengan bebas.

Selain itu, pengembang WhatsApp juga membuat  fitur flash di kamera depan WhatsApp, yang kegunaannya untuk menerangi objek sehingga hasilnya menjadi lebih cerah di tempat yang sedikit cahaya.


8. Beri tanda bintang

Jika ada informasi yang dirasa penting dalam percakapan, maka agar tidak tenggelam yang perlu Anda lakukan adalah memberikan tanda bintang. Tanda bintang ini berfungsi menyimpan berbagai informasi penting.

Untuk melakukannya, yaitu hanya dengan memilih pilih pesan yang Anda rasa penting (ingin ditandai), setelah itu sentuh dan tahan selama beberapa detik. Maka nantinya muncul tanda bintang, lalu pilih tanda bintang tersebut.

Adapun jika ingin melihat kembali pesan tersebut (yang ditandai bintang), dengan cara sentuh menu titik tiga (ada di kanan atas). Lalu bula tab Starred Messages.




Cara melihat chat yang sudah di kasih tanda Bintang






9. Blokir kontak

Jika ada pengguna WA lain yang mengganggu Anda maka Anda bisa memblokirnya. Caranya, pertama-tama buka percakapan orang tesebut.

Lalu sentuh menu titik tiga, lalu pilih tab More. Setelah itu muncul beberapa opsi, maka pilih Block.


10. Video Call

Fitur ini yang paling dinantikan para pengguna WA, sekarang semua pengguna WA bisa melakukan video call, yaitu menelpon berbicara dari jarak jauh dengan saling bertatap muka

11. Kirim Dokumen Melalui WhatsApp

Sekarang pengguna WA bisa saling berkirim file dokumen seperti Word, Excel dan PowerPoint. Selain itu, Anda juga bisa mengirim file PDF ke pengguna lainnya. Dengan begitu, WA bisa Anda gunakan untuk bisa saling berkirim file kantor atau file tugas kuliah.

12. Hapus Chat Makin Mudah

Jika Anda itdak ingin menyimpan pesan-pesan lama, maka pada pembaruan dari WhatsApp, Anda bisa lebih mudah dalam menghapus pesan.

Cara melakukannya, pergi ke Menu => Settings => Chats and Calls => Chat History => Clear All Chats.

Setelah itu, Anda akan memperoleh tiga pilihan hapus yaitu hapus semua pesan, hapus pesan yang lebih dari 30 hari, atau pesan yang lebih dari 6 bulan.


13. Menjalankan WhatsApp di Komputer (Windows)

Tidak hanya bisa chatting WA melalui smartphone, Anda juga bisa chatting di komputer atau laptop. Caranya yaitu dengan menggunakan WhatsApp Web yang merupakan fitur resmi dari aplikasi WhatsApp.

Untuk bisa melakukannya, maka gunakan versi aplikasi WhatsApp yang minimalnya versi 2.11.500. Dengan begitu, menu di WhatsApp akan muncul satu tombol baru yaitu WhatsApp Web. Silahkan tekan tombol tersebut.
Setelah itu kamera akan aktif, dan bersamaan dengan itu buka https://web.whatsapp.com di browser PC.

Scan QR-code di link tersebut menggunakan kamera Android, maka WhatsApp di Android akan mendeteksi QR Code itu. Akhirnya Anda dapat melakukan chat WA di PC.

14. Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp

Anda bisa mengetahui lokasi seseorang lewat pesan WhatsApp. Dengan menggunakan fitur command prompt yang ada di komputer, maka Anda bisa menelusuri alamat IP dari orang yang Anda ajak chatting di WhatsApp. Caranya yaitu:
  • Buka WhatsApp web.
  • Kemudian ajak chatting target untuk mendapatkan alamat IP-nya. 
  • Disarankan agar menghentikan semua program yang sedang berjalan di latar belakang, kecuali browser yang sedang digunakan.
  • Kemudian tekan Win + R di keyboard komputer.
  • Lalu ketik cmd
  • Lalu tekan Enter.
  • Muncul jendela Command Prompt, maka ketik: netstat-an
  • Lalu tekan Enter. 
  • Catat alamat IP yang tercantum disana.
  • Kemudian lakukan tracking untuk mengetahui lokasi sebenarnya di http://www.ip-adress.com/ip_tracer

Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui lokasi seseorang melalui chatting Facebook. Ingat ya.. cara ini jangan disalahgunakan








Ingin mendapatkan artikel dari Rejeki Anak Rantau tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Rejeki Anak Rantau akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Tips dan Trik WhatApp"

Post a Comment