Belajar HTML. Apakah itu HTML?


Pengertian HTML

      HTML adalah singaktan dari HyperText Markup Language. Disebut Hypertext karena di dalam HTML sebuah text biasa dapat berfungsi lain, kita dapat membuatnya menjadi link yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya dengan meng-klik text tersebut. kemampuan text inilah yang dinamakan hypertext, walaupun pada implementasinya nanti tidak hanya text yang dapat dijadikan link.

       Disebut Markup Language karena bahsa HTML menggunakan tanda (mark), untuk menandai bagian-bagian dari text. Misalnya, text yang berada di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, dan di antara tanda lainnya akan tampak besar. Tanda ini akan kita kenal di HTML sebagi tag.

       HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web. Disebut dasar karena dalam membuat web, jika hanya menggenakan HTML, tampilan web kita akan terasa hambar. Terdapat banyak bahasa pemrograman web yang di tujukan untuk memenipulasi kode HTML, seperti JavaScript dan PHP. Namun sebelum anda belajar JavaScript maupun PHP, memahami HTML merupakan hal yang paling awal.

      HTML bukan bahasa pemrograman (programing lenguage), tetapi bahasa markup (markup language), hal ini terdengar sedikit aneh, tetapi jika anda telah mengenal bahasa pemrograman lain, dalam HTML tidak akan ditemukan struktur yang biasa di temukan dalam bahasa pemrograman seperti IF, LOOP, maupun variabel. HTML hanya sebuah bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman.

      Selain HTML, dikenal juga xHTML yang merupakan singaktan dari eXtensible HyperText Markup Language. xHTML merupakan versi tambahan  dari HTML. Untuk tahap ini anda boleh menyebut bahwa xHTML itu juga HTML.



Fungsi Web Browser

     Untuk mempelajari HTML, Web browser adalah salah satu perangkat utama yang kita butuhkan. Ibarat bahasa pemrograman lainnya, Web browser adalah compiler dan intrepreter HTML. Anda bebas mengganakan web brower yang di sukai, berikut nama-nama browser yang ada saat ini:
  1. Mozilla FIrefox
  2. Google Chrome
  3. Internet Explorer
  4. Opera
  5. Appale Safari

Selanjutanya akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya. silahkan klik disini



Ingin mendapatkan artikel dari Rejeki Anak Rantau tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Rejeki Anak Rantau akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Belajar HTML. Apakah itu HTML?"

Post a Comment