Membuat Heading, Paragraf, Text Alignment dan Baris Baru



Membuat Heading (judul teks)

HTML menyediakan enam jenis judul teks. Jenis-jenis tersebut dibedakan berdasarkan ukuran hurufnya. Tag yang digunakan untuk membuat judul adalah <hn>, berpasangan dengan </hn>, dimana n adalah bilangan 1 sampai 6, yang merupakan jenis dari judul yang bersangkutan. Jenis pertama, <h1>, merupakan judul yang memiliki ukuran huruf paling besar, disusul kedua, ketiga dan seterusnya. Berikut contoh kode yang aka menunjukkan perbedaan jenis judul yang dimaksud.





Membuat Paragraf dalam Dokumen HTML

Paragraf dalam dokumen HTML dibuat menggunakan pasangan <p> dan </p>. Dalam Dokumen HTML, sebuah paragraf ditandai dengan baris baru dengan jarak satu spasi. Beikut contoh kode untuk membuat paragraf dalam HTML.

<p>Ini adalah teks yang berada pada paragraf pertama</p>
<p>Ini adalah teks yang berada pada paragraf kedua</p>
<p>Ini adalah teks yang berada pada paragraf ketiga</p>

Untuk membuktikannya, coba perhatikan contoh kode HTML dibawah ini.




Text Alignment

Dalam membuat dokumen HTML, kita dapat menentukan letak dari teks atau gambar yang terdapat dalam halaman web; apakah ingin rata kiri, rata kanan, rata kiri-kanan atau berada ditengah-tengah layar. Untuk melakukan hal ini, kita dapat mengisi atribut ALIGN dengan nilai-nilai berikut.

Nilai Atribut ALIGN
Keterangan
Left
Menentukan teks rata kiri
Right
Menentukan teks  rata kanan
Justify
Menentukan teks rata kiri kanan
Center
Menentukan teks agar berada di tengah-tengah

Atribut Align dapat disisipkan kedalam tag-tag yang akan diatur posisi teksnya. Sebagai contoh, align dapat disisipkan kedalam tag <h>, yang berarti bahwa kita akan mengatur posisi dari suatu judul. Begitu juga jika ingin mengatur posisi teks dalam suatu paragraf maka kita perlu menyisipkan atribut align ke dalam tag <p>. Berikut ini contoh kode yang akan menunjukkan cara mengatur posisi teks dalam dokumen HTML.




Membuat Baris Baru

Baris baru yang ditulis didalam kode HTML tidak akan berpengaruh terhadap hasil yang akan ditampilkan dilayar web browser. Perhatikan kode HTML berikut ini.



Pada Kode diatas, teks "baris pertama" sampai "baris kelima" ditulis pada baris yang berbeda. Namun kenyataannya, hasil yang diperoleh dalam web browser adalah sebagi berikut.



Jadi, dapat disimpulkan bahwa penulisan baris baru didalam kode tidak ada pengaruhnya terhadap tampilan dokumen. Oleh karena itu, HTML menyediakan tag khusus melakukan pembuatan baris baru didalam dokumen, yaitu <br>. Tag ini tidak memiliki pasangan, sehingga kita perlu menyisipkan tanda garis miring dalam tag tersebut, yang menandakan bahwa tag tersebut tidak memiliki pasangan. bentuk penulisan tag <br> yang benar adalah :

<br />

Sekarang, kita lihat pengaruh tag tersebut terhadap kode HTML yang dibuat.




Dari hasil di atas jelas bahwa fungsi tag <br> dalam kode HTML itu sebenarnya sama seperti tombol enter ketika kita sedang bekerja pada suatu aplikasi Text Editor atau Word Processor. 



Selanjutnya akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya. Membuat Format  Teks






Ingin mendapatkan artikel dari Rejeki Anak Rantau tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Rejeki Anak Rantau akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Membuat Heading, Paragraf, Text Alignment dan Baris Baru"

Post a Comment