Membuat Format Teks


Format teks yang terdapat pada dokumen web dapat kita atur sendiri formatnya sesuai dengan keperluan. Format yang umum yang sering dijumpai adalah teks penebalan (bold), tek miring (italic), teks bergaris bawah (underline), dan sejenisnya.

HTML menyediakan tag-tag khusus untuk menangani kebutuhan semacam ini. Tag-tag ini pada umumnya merupakan tag yang berpasangan. Berikut ini contoh Format Teks.


Teks Tebal
Untuk menebalkan teks atau karakter dalam suatu dokumen HTML, kita  bisa depat menggunakan tag <b>, yang berpasangan dengan </b>, Setiap teks yang diapait oleh tag-tag tersebut akan ditampilkan sebagai teks dengan format tebal. Perhatikan Contoh dibawah.





Membuat Teks Miring
Teks atau karakter dengan format miring dalam dokumen HTML, dibuat menggunakan tag <i>, yang berpasangan dengan </i>. Perhatikan contoh dibawah ini.




Membuat Teks Bergaris Bawah
Untuk menjadikan suatu teks dalam dokumen HTML, menjadi bergaris bawah, kita perlu menggunakan tag <u> uang berpasangan dengan </u>.Lihat contoh dibawah.




Mengkombinasikan Format Teks
Masing-masing teks di atas dapat dikombinasikan sehingga suatu teks tertentu bisa saja memiliki beberapa format sekaligus. Hal ini yang perlu diingat unutk melakukan hal ini adalah masalah urutan penemapatn tag.

Penempatan tag harus sesuai dengan urutannya.Perhatikan contoh potongan kode berikut:

<b><i>Teks</i></b>

kode diatas digunakan untuk membuat teks menjadi tebal dan dicetak miiring.




Membuat Format Superscript
Format superscript adalah format teks yang diperkecil ukuran hurufnya dan posisinya dinaikkan keatas, seperti pada angka yang digunakan untuk perpangkatan. Untuk keperluan Semacam ini, HTML menyediakan tag <sup>, yang berpasangan denagn </sup>, Setiap teks atau huruf yang diapit oleh tag-tag tersebut akan memeiliki format superscript.





Membuat Format SubScript
Format subscript merupakan kebalikan dari format superscipt. Dalam format ini, teks ditempatkan pada posisi dibawah teks. Teks dengan format seperti ini pada umumnya kita jumpai pada saat kita membuat rumus kimia dari suatu molekul atau senyawa tertentu. Dalam HTML format suscript dibuat menggunakan tag <sub> dan </sub>.





Ingin mendapatkan artikel dari Rejeki Anak Rantau tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Rejeki Anak Rantau akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

2 Responses to "Membuat Format Teks"

  1. Terimakasih untuk postingan yang kakak bagikan. Sangat bermanfaat sekali untuk Saya yg baru belajar membuat dokumen HTML , Dan membantu sekali memenuhi tugas kuliah Saya pemrogramann web. Terus berkarya ya kak, share lebih banyak ilmu pada blog blog selanjutnya.
    Perkenalkan nama Saya : Shofi Rachmawati, NIM : 1922500133, Dan link kampus Saya : https://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. Terimakasih postingannya kak, sangat bermanfaat sekali , memudahkan Saya untuk mengerti membuat dokumen HTML,Dan membantu tugas kuliah Saya pemrogramann web , terus berkarya ya kak ,semoga ilmu yg kakak share terus berkembang Dan mendapat notice baik dari semua orang. Perkenalkan nama Saya : Shofi Rachmawati , NIM : 1922500133 , Dan link kampus Saya : https://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete