Tag HTML



   Seperti yang telah anda pelajari sekilas bahwa dokumen HTML di buat menggunakan tag-tag khusus, dan dengan aturan yang khusus pula. Terxapat beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam penggunaan tag di dalam dokumen HTML, yaitu:

  • Tag HTML selalu diapit oleh tanda kurung siku, < dan >
  • Meskipun kode HTML tidak bersifat case-sensitive (membedakan penggunaan huruf besar dan kecil), namun tag HTML sebaiknya ditulis menggunakan huruf kecil, misalnya <html>, <head>, </head>, <title>, dan sabgainya. Ini merupakan cara yang direkomendasikan oleh W3C, meskipun sebenarnya bisa saja di tulis menggunakan huruf besar, seperti <HTML>, <BODY>, <TITLE>, dan sebagainya. 
  • Tag HTML pada umumnya berpasangan, seperti: tag <html>  berpasangan dengan tag </html>,  <head> berpasangan dengan </head>, dan masih banyak lagi contoh tag berpasangan lainnya. Namun ada juga beberapa tag yang tidak memiliki pasangan, misalnya tag <br>, <hr>, <input>, <meta> dan lain-lain. Untuk Menandai bahwa tag tersebut tidak memiliki pasangan, maka sebaiknya membubuhkan tanda slah (/) atau garis miring dibelakang tag tersebut, misalnya <br />, <hr />.
  • Untuk penggunaan tag bersarang, maka  penulisannya harus terurut. Sebagi contoh silahkan lihat kode berikut:
          <b>Anda harus <i>belajar</i> dengan giat.</b>

        Pada contoh diatas tag <b> terdapat penggunaan tag lain lagi, yaitu tag <i>. Dalam kasus seperti  ini, tag <i> harus tetap menggunakan tag </i> terlebih dahulu sebelum kita menutup tag <b> menggunakan </b>


Atribut Tag

   Pada umumnya, tag-tag dalam HTML memiliki beberapa atribut yang nilainya bisa ditentukan sesuai keperluan. Atribut suatu tag harus ditulis di dalam tag bersangkutan sebelum tanda >. berikut contoh dengan beberapa atribut di dalamnya

<body bgcolor="#fffeee" alink="#cccccc">
   Pada contoh kode diatas, kita menentukan atribut bgclor dan alink dari tag <body>. Atribut bgcolor digunakan untuk menentukan warna layar (background) dari suatu halaman web dan alink digunakan untuk menentukan warna link yang aktif dalam suatu halaman web, sedangkan #fffeee dan #cccccc merupakan nilai atribut tersebut.

   Dari contoh yang di tampilkan di atas, kita bisa simpulkan bahwa bentuk umum penulisan atribut dari suatu tag adalah sebagi berikut:

<namaTag atribut1="NilaiAtribut1" atribut2="NilaiAtribut2".....>

Berikut ini contoh kode yang akan menunjukan penggunaan atribut bgcolor di dalam tag <body>



Tag Umum dalam HTML

   Setelah memahami secara umum tentang pembuatan dokumen HTML, pada bagian ini saya akan melanjutkan pembasan tentang penggunaan tag-tag umum secara lebih detai.

Tag <html>
Seperti yang telah dikemukanan sebelumnya, dokumen HTML selalu diawali dengan tag <html> dan diakhiri dengan </html>. Tag inilah berperan sebagai penanda bahwa suatu dokumen dikatakan sebagai dokumen HTML.

Tag <head>
Tag head berfungsi untuk menentukan informasi-informasi dibagian header (kepala) dokumen. Satu yang bersifat umum adalah judul dokumen, yang dibuat menggunakan tag <title>, yang berpasangan dengan tag </title>. Karena judul berada dalam bagian header, maka penulisan tag <title> pun harus berada di dalam tag <head>, seperti berikut:


Tag penutup untuk header, </head> , harus ditulis sebelum tag <body>.


Bagian header dalam dokumen HTML tidak hanya terdiri atas judul saja. Terdapat beberapa tag lain yang dapat dijadikan header seperti <meta>, <link> dan lain-lain.

Tag <body>
Tag body merupakan awal dari bagian badan dokumen. Artinya, semua informasi yang ditulis setelah tag ini akan tampil sebagai halaman web (akan ditampilkan dilayar web browser). Setelah menuliskan bagian badan dokumen, silahkan tutup dengan tag </body>





Selanjutnya akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya. yaitu tentang membuat heading, paragraf, text aligmant dan  membuat baris baru.


Ingin mendapatkan artikel dari Rejeki Anak Rantau tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Rejeki Anak Rantau akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Tag HTML"

Post a Comment