Google Siapkan Wifi Gratis di Indonesia



Langkah Google berekspansi di dunia online kian gencar. Menyusul lawan mainnya Facebook, Google berencana mengembangkan wi-fi publik gratis di Asia. Sebelumnya Google sudah memasang wi-fi di sepanjang stasiun kereta di India. Ternyata, Indonesia kebagian wi-fi gratis milik Google.

Dilansir melalui Fortune, Google tengah menjalin kerja sama dengan provider FiberStar dan CBN. Melalui sebuah pernyataan, Googlemenyebutkan bahwa jaringan internet tersebut akan hadir di beberapa tempat untuk wilayah Jawa dan Bali. Google Station hotspotbisa digunakan gratis.

Rencananya proses monetizing juga tengah dirancang. Monetizing mencakup partner provider hingga pemerintahan daerah setempat. Dalam waktu yang sama, Google juga berencana merilis aplikasi YouTube Go di Indonesia. Aplikasi tersebut akan memudahkan penonton mengakses Youtube.

Aplikasi YouTube Go membuat pengguna bisa mengakses konten secara gratis. YouTube Go sebelumnya sudah rilis di India. Aplikasi ini memiliki fungsi serupa dengan Facebook Free Basic, yakni skema akses gratis. Google juga berencana membuat wi-fi untuk publik di beberapa negara lain dalam waktu dekat.



Google Station, yakni area akses Wifi gratis untuk publik buatan Google, dipastikan segera masuk ke Indonesia. Raksasa internet itu menjanjikan akan mulai memproses pemasangan WiFi tersebut tahun ini.

Google tidak sendirian dalam upaya menghadirkan WiFi gratis tersebut. Mereka menggandeng rekanan lokal, yakni perusahaan penyedia akses internet CBN dan FiberStar.

Dalam proyek ini Google berperan menyediakan piranti lunaknya. Sementara FiberStar dan CBN yang mereka gandeng di proyek ini yang bertugas menyiapkan fiber optik yang diperlukan di lokasi-lokasi Google Station nanti.
Menurut Jason, Google Station itu memang tak akan punya wujud fisik menonjol. Hanya akan terlihat penanda yang menunjukkan bahwa WiFi gratis Google itu tersedia.

Jason melanjutkan Google Station tak akan bisa ditemukan di Jakarta karena secara teknis kondisi internet di ibu kota sudah cukup mapan. Namun ia berkata Station bakal merambah daerah rural maupun urban di seluruh wilayah Jawa dan Bali. "Yang penting di area yang koneksinya enggak bagus," imbuhnya.

Tony menjanjikan kualitas koneksi Google Station bakal lebih baik dibanding kebanyakan WiFi publik. Penggunanya nanti bakal merasakan kecepatan internet tinggi, bisa dengan mudah streaming video HD dan mengakses berbagai layanan dasar seperti e-mail.

Google Station sendiri saat ini sudah ada di India. Raksasa internet tersebut memasangnya melalui kerja sama dengan operator lokal, RailTel dan Indian Railways.

“Kalau di India kami pasang di lebih dari 200 stasiun kereta. Kemudian karena ada Google Station, maka 15.000 orang di India jadi mulai mengenal internet untuk pertama kali,” terang Tony.

“Masalah India itu kurang lebih sama. Kami sangat optimis dengan peran internet dalam perkembangan Indonesia, dan dalam beberapa bulan mendatang akan meluncurkan Google Station ini,” pungkasnya.


Ingin mendapatkan artikel dari Rejeki Anak Rantau tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Rejeki Anak Rantau akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

1 Response to "Google Siapkan Wifi Gratis di Indonesia"

  1. Google Siapkan Wifi Gratis Di Indonesia >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Google Siapkan Wifi Gratis Di Indonesia >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Google Siapkan Wifi Gratis Di Indonesia >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete